Air, Cai, Water...

Sifat-sifat Dasar Air
Sungai NIL melengkung dalam Bumi Bulat?
  1. Dapat berubah wujud karena suhu atau temperatur.
    Air bisa berubah wujud dari benda cair menjadi benda gas (uap) pada suhu tinggi dan bisa berubah menjadi benda padat (es) pada suhu rendah.
  2. Mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah karena berat jenis air sendiri (bukan karena adanya gaya gravitasi bumi?)
  3. Meresap melalui celah-celah.
    Air sangat fleksibel karena molekul-molekul yang dimiliki air dapat meresap di tempat yang berlubang atau bercelah kecil dengan lubang yang lebih besar daripada molekul yang dimiliki oleh air itu sendiri.
  4. Mempunyai sifat kapilaritas.
    Kapilaritas merupakan sebuah gaya dimana air dapat bergerak menuju ke atas berlawanan dengan berat jenisnya. Untuk membuktikan adanya sifat ini, kita bisa mengamati dari ujung kain yang terkena air maka air tersebut lama kelamaan akan membasahi bagian kain yang lainnya, mekipun berada di tempat yang lebih tinggi. Contoh lain adalah hal yang terjadi pada sumbu di lampu minyak.
  5. Permukaan tenang atau datar (flat).
  6. Memiliki massa (berat).
    Bukti dari sifat ini adalah perbedaan antara ember kosong & ember yang terisi penuh dengan air.
  7. Menempati ruang.
    Air dapat dengan mudah berubah bentuk sesuai dengan wadah yang menampungnya.
  8. Dapat melarutkan beberapa zat.
    Rasa air tawar akan berubah mejadi manis apabila telah ditambahkan gula dan diaduk. Selain rasa, air juga bisa berubah warna karena sifat air yang bisa melarutkan zat lain.
  9. Menekan ke segala arah.
    Ketika air ditumpahkan ke atas permukaan yang datar maka air akan menyebar ke segala penjuru (arah). Selain itu, kita juga bisa mengamati ketika air yang dimasukkan ke dalam satu wadah secara penuh. Kemudian kita melubangi bagian bawah wadah tersebut dengan beberapa lubang, dan dengan arah yang berbeda- beda. Dari situlah kita dapat emnjumpai bahwasannya air akan keluar dari semua lubang tanpa membedakan posisi lubang tersebut.
Disarikan dari http://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/hidrologi/sifat-sifat-air


Air adalah Sumber Kehidupan.

Banyak ayat Quran yang menjelaskan tentang air. Ada satu ayat Quran yang sangat menarik tentang air (underlined) untuk dicermati...
Q21.30. Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?
Q13.2-3. Allah-lah Yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arasy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan(mu) dengan Tuhanmu. Dan Dialah Tuhan yang membentangkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai padanya. Dan menjadikan padanya semua buah-buahan berpasang-pasangan, Allah menutupkan malam kepada siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.


Surga Identik dengan Sungai (Air)?

Lebih dari 50 ayat yang diulang-ulang dalam Quran yang menjelaskan bahwa dalam Surga itu ada "Sungai-sungai yang mengalir di dalamnya..." Salah satu ayat tersebut...
Q4.122. Orang-orang yang BERIMAN dan mengerjakan amalan SHALEH, kelak akan Kami masukkan ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah telah membuat suatu janji yang benar. Dan siapakah yang lebih benar perkataannya dari pada Allah?

MasyaAllah... Laahawla walaaquwwata illabillah!

Permukaan Air Selalu Rata & Datar...




Alternate Video
Thank's Dorje Daka



[ P R O G R E S S / H A N C A ]

Pressurized Water


1 komentar:

  1. nasi kotak surabaya
    Merupakan sub-brand dari Aqiqah Nurul Hayat yang melayani dan menerima pesanan untuk banyak menu nasi kotak dan catering untuk acara atau walimah non-Aqiqah seperti Khitanan, Ulang Tahun, Syukuran dan Acara Perkantoran

    BalasHapus